Selasa, 21 Agustus 2012

CENTRIFUGE


Centrifuge

Centrifuge adalah suatu alat yang menggunakan prinsip gaya centrifugal untuk memisahkan suatu larutan dengan berat molekul yang berbeda. Alat ini biasanya terdapat  pada rumah sakit ataupun klinik yang memiliki unit laboratorium. Biasa digunakan untuk memisahkan serum darah.
Adapun bagian-bagian dari centrifuge yaitu:

o    Motor
Biasanya motor yang digunakan pada centrifuge adalah motor AC.  kecepatan motor yang tinggi akan menghasilkan gaya sentrifugal yang tinggi.
Pada banyak kasus kerusakan. Biasanya terjadi sekat arang motor. Dengan mengganti  sekat arang yang baru maka centrifuge dapat dipergunakan kembali.
o    Speed Control     
Untuk mengatur kecepatan motor agar sesuai dengan kebutuhan tanpa speed control motor akan berputar dengan kecepatan maksimum. Digunakan rangkaian pembatas tegangan atau semacam dimer untuk bagian speed control
o    Timer
 Berfungsi untuk mengatur lamanya alat bekerja. Rangkaian timer ada 2 jenis. Yakni timer mekanik dan timer digital. Timer mekanik memanfaatkan sistem mekanis untuk mengatur waktu operasional alat. Sedangkan timer digital menggunakan sistem counter down digital untuk mengatur waktu operasioanl alat.
o    Break system
Pengereman motor diperlukan agar putaran motor dapat dengan segera dihentikan.
o    Pengunci tutup
Pengunci tutup digunakan untuk mengamankan user agar tidak membuka atau terbuka secara tidak sengaja tutup centrifuge. Apabila tutup ini terbuka dapat mengakibatkan sample yang diputar terlempar keluar. Tidak semua jenis centrifuge terdapat pengunci tutup.
o    Tempat tabung
Tempat tabung centrifuge didesain dengan sudut kemiringan tertentu agar menghasilkan gaya centrifugal.  Jumlah lubang untuk tabung pun dibuat genap. Ini dimaksudkan agar tercipta keseimbangan beban ketika motor berputar.
Centrifuge


Pemeliharaan :
1.       Pemeliharaan dilakukan berkala. Paling tidak sebulan sekali dilakukan pembersihan bagian dalam centrifuge. Ini karena sekat arang menghasilkan debu yang mengotori bagian dalam centrifuge. Selain itu sekat arang juga perlu dilakukan pengecekan. Apabila dirasa telah berkurang, sebaiknya diganti. Untuk menjaga agar putaran motor centrifuge tetap optimal. Perputaran motor dapat di cek menggunakan Tachometer.
2.       Cek kondisi kabel power
3.       Cek kondisi fuse
4.       Cek fungsi break system
5.       Cek fungsi pengunci tutup dan button switch/limit switch(sensornya).
6.     Uji operasional alat sebelum digunakan oleh user

Tidak ada komentar:

Posting Komentar