Selasa, 21 Agustus 2012

Agar Air Conditioner (AC) Awet


Tips agar AC Awet:
  1. Usahakan outdoor AC tidak terkena hujan dan terik panas matahari. Hal ini dilakukan  agar outdoor tersebut tidak cepat karat dan keropos.
  2. Jaga agar pipa yang terpasang jangan kurang dari 3 meter atau melebihi jarak yang di tentukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ini dapat menyebabkan sirkulasi terlalu cepat atau beban compressor terlalu berat
  3. Pasanglah posisi indoor lebih tinggi daripada outdoor, apabila tempat yang tersedia tidak memungkinkan, dan mengharuskan outdoor lebih tinggi,maka pastikan pipa ac harus mengarah keatas terlebih dahulu minimal 1,5 m dari kran outdoor,ini dimaksudkan untuk menjaga oli tidak turun ke indoor, apabila hal ini terjadi, maka ada dapat menyebabkan penyumbatan di capiler dan filter drier dan hal ini akan membuat amper menjadi tinggi sehingga tagihan bayar listrik meningkat serta kompressor mudah menjadi rusak.
  4. Cucilah dan bersihkan Evaporator dan kondensor AC dengan secara rutin minimal 1 bulan sekali. Debu-debu menempel di condensor dan fan lama kelamaan akan semakin tebal. Sehingga pada saat ac di jalankan debu-debu akan tertiup keluar dan menyebabkan bau tak sedap. Tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan penyakit flu.
  5. Usahakan untuk tidak memilih pengatur suhu yang paling maximal, hal ini akan membuat kompressor kerja lebih berat.
  6. Apabila AC merupakan jenis AC Inverter maka, pilihlah program econimis agar lebih efisien.
  7. Ketika listrik padam pastikan ac anda sudah dalam kondisi off. Kebanyakan ketika listrik telah hidup kembali, tegangan kurang stabil, ini dapat menyebabkan kondisi elektrik dan gulungan kompressor ac cepat rusak/putus.
  8. Pastikan gas pendingin (freon) tidak ada yang bocor terutama pada indoor, karena apabila kita menghirup gas pendingin tersebut terlalu lama, hal tersebut bisa membuat kita menjadi lemas (kekurangan oksigen) ,seperti kita mau tidur dan bisa menyebabkan kematian.Apabila gas pendingin berkurang anda dapat mengetahuinya hanya dengan melihat ada bekuan es pada kran outdoor. apabila itu terjadi artinya tekanan gas dibawah standard minimal, apabila hal tersebut terjadi matikan AC anda, segera panggil teknisi AC terdekat.
Air Conditioner Non Inverter



Diolah dari berbagai sumber©2012



2 komentar:

  1. kalo sekarang tinggal beli ac daikin aja dijamin awet bertahun-tahun deh.. itu kata distributor ac daikinnya begitu sih..

    BalasHapus
  2. Mas, untuk mesin pendingin (AC) daikin, kalau saya menggunakan pipa ac kembla sangat cocok apa engga yah ?

    BalasHapus